Diberdayakan oleh Blogger.
 
Jumat, 09 Desember 2016

Penyebab Kebakaran Rumah Tangga

0 komentar

Penyebab Kebakaran di Rumah Tangga

Apa saja hal yang bisa memicu atau menimbulkan kebakaran di rumah tangga….?

Ibarat pepatah yang berbunyi "kecil jadi teman, besar jadi lawan", maka ungkapan tersebut sangat pas menggambarkan bagaimana api pada skala kecil dapat membantu kehidupan manusia karena manusia akan selalu membutuhkannya, tetapi jika api tersebut dalam skala besar akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kebakaran sebagai akibat dari api yang tidak dapat dikendalikan.

Siapapun pasti tidak ingin mengalami musibah dengan keberadaan api skala besar yang mengakibatkan kebakaran yang pasti akan selalu menimbulkan kerugian, baik harta benda bahkan nyawa manusia. Begitu pula pada kehidupan di rumah tangga, terkadang akibat dari kelalaian pemilik rumah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kebakaran yang meluas ke tetangga lainnya.

Kebakaran di rumah tangga

Untuk hal itulah maka perlu dipahami oleh setiap individu dalam rumah tangga mengenai apa saja hal yang bisa memicu atau menimbulkan kebakaran di rumah tangga dan bagaimana cara terbaik menanggulanginya sebagai tindakan awal sebelum datangnya bantuan dari unit pemadam kebakaran.

Ada beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan timbulnya kebakaran di rumah tangga, yaitu:

  1. Korek Api Atau Merokok
  2. Sering kali kita melihat anak-anak bermain korek api dan membakar kertas, daun dan lain-lain. Hal ini tentunya akan sangat membahayakan karena anak-anak tidak mengetahui resiko yang ditimbulkan saat mereka membakar apapun didekat atau bahkan didalam rumah. Perlunya peran orang tua atau orang yang mengetahui bilamana anak-anak bermain korek api agar dilarang sebelum mereka membakar benda-benda yang riskan menimbulkan kebakaran. Selain korek api, merokok disembarang tempat atau membuang puntung rokok sembarangan dapat menyulut api karena puntung rokok tersebut terbuang di tempat yang terdapat benda yang mudah terbakar.

  3. Aliran Listrik
  4. Aliran listrik yang salah dapat menyebabkan panas sehingga dapat berakibat kebakaran, hal ini bisa diakibatkan karena:

    • Stop kontak dan sambungan kabel yang tidak baik atau longgar
    • Stop kontak yang bertumpuk
    • Menggunakan kabel yang ukurannya tidak sesuai
    • Hubungan arus pendek dll
    Stop kontak terbakar

  5. Gas Elpiji
  6. Kebakaran dapat dipicu oleh peralatan kompor gas yang kurang baik sehingga terjadi kebocoran gas. Kebocoran gas ini tidak hanya dapat mengakibatkan kebakaran, tetapi juga dapat menyebabkan ledakan sebagai akibat dari gas yang tertahan di suatu ruangan tertutup.

    Kebakaran akibat tabung gas

  7. Bahan-Bahan yang Mudah Terbakar
  8. Menyimpan bahan-bahan yang mudah terbakar secara sembarangan dapat menimbulkan kebakaran, misalnya menyimpan bensin atau minyak tanah dengan kondisi tidak tertutup rapat sehingga jika ada sedikit percikan maka akan mudah menyulut api.

  9. Pemanasan Berlebih
  10. Penggunaan kompor minyak tanah dengan intensitas yang tinggi dapat menimbulkan panas yang berlebih sehingga dapat memicu terjadinya kebakaran. Hal serupa juga dapat terjadi dengan penggunaan alat-alat elektronik yang terus menerus tanpa diperiksa secara rutin, misalnya penggunaan kipas angin maupun penggunaan pengering pakaian.

    Mesin pengering pakaian terbakar

  11. Alat Penerangan dan Obat Nyamuk
  12. Penggunaan alat penerangan dengan api yang tidak terlindungi, misalnya lampu minyak atau lilin dan juga pemakaian obat nyamuk dapat memicu terjadinya kebakaran karena ditempatkan didekat benda yang mudah terbakar, misalnya di dekat kasur, tirai, gorden dan lain-lain.

Hal-hal yang memicu terjadinya kebakaran tersebut diatas dapat ditanggulangi dan diminimalkan dampaknya dengan beberapa hal, salah satunya dengan penyediaan Alat Pemadam Kebakaran. Dengan ketersediaan Alat Pemadam Kebakaran maka akan lebih memudahkan individu dalam rumah tangga untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Artikel terkait :

Leave a Reply

 
Alat Pemadam Kebakaran © 2011 Tabung Pemadam Kebakaran & Alat Pemadam Kebakaran. Supported by Alat Pemadam Kebakaran

You can add link or short description here